RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Madrasah : MA AL ROSYID Mata Pelajaran : EKONOMI Kelas / Semester : XI / 2 Alokasi waktu : 3 X 45 Menit A. Standar Kompetensi 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa B. Kompetensi dasar 1.Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi C. Indikator 1.Mendeskripsikan pengertian dasar akuntansi 2.Merumuskan kualitas informasi akunansi 3.Menjelaskan proses akuntansi dan kualitas informasi akuntansi 4.Mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi masing – masing pemakai 5.Mengidentifikasi etika profesi akuntan D.Tujuan pembelajaran 1.Siswa dapat mengidentifikasikan pengertian dasar akuntansi 2. Siswa dapat merumuskan kualitas informasi akuntansi 3. Siswa dapat menyebutkan beberapa pemakai informasi akuntansi 4. Siswa dapat menyebutkan kegunaan informasi akuntansi bagi masing – masing pemakai 5. Siswa dapat menjelaskan etika profesi akuntan E.Materi pembelajaran Sistem informasi • Definisi akuntansi : pencatatan, pengikhtisaran, pelaporan transaksi sehingga terbentuk laporan keuangan • Kualitas informasi akuntansi : a. Relevan informasi keuangan yang diberikan harus memenuhi atau sesuai kebutuhan para pengguna informasi b. Dapat dimengerti informasi harus dapat dimengerti oleh pengguna dan dinyatakan dalam bentuk dan istilah yang disesuaikan dengan batas pengertian para pengguna c. Daya uji pengukuran tidak dapat sepenuhnya lepas dari perhitungan dan pendapat yang subjektif d. Netral informasi keuangan harus diarahkan pada kebutuhan umum penggunanya dan tidak bergantung pada kebutuhan dan keinginan pihak tertentu e. Tepat waktu informasi keuagan harus disampaikan tepat waktu sehingga dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan atau keputusan f. Daya banding laporan keuangan dapat lebih berguna jika dibandingkan dengan periode yang lalu g. Lengkap informasi yang disediakan dapat menyajikan fakta yang sebenarnya sehingga tidak menyesatkan para pengguna informasi. • Karakteristik pemakai informasi akuntansi : . 1. pihak interen Yaitu manajer atau pimpinan perusahaan 2.pihak eksteren terdiri dari : a. pemilik dan calon pemilik b. karyawan c. pemberi pinjaman atau kreditor d. badan pemerintah e. pelanggan (pemasok atau pengirim barang) f. masyarakat • Kegunaan informasi akuntansi : a. mendapatkan informasi ekonomi atau keuangan guna perencanaan dan pengambilan keputusan bagi manajemen dalam pengelolaan perusahaan b. memberi pertanggung jawaban manajemen kepada pihak – pihak tertentu yang membutuhkan informsi ( kreditor, investor, karyawan, langganan ) • Bidang – bidang akuntansi : 1. akuntansi keuangan (general accounting/financial accounting) 2. akuntansi biaya (cost accounting) 3. akuntansi pemerintah (government accounting) 4. akuntansi perpajakan (tax accounting) 5. akuntansi pemeriksaan (auditing) 6. akuntansi anggaran (budget accounting) 7. akuntansi pendidik (education accounting) 8. akuntansi menejemen (management accounting) 9. akuntansi sosial (social accounting) 10. system akuntansi (accounting system) • profesi akuntan : empat macam profesi akuntansi : 1) akuntan publik 2) akuntan pemerintah 3) akuntan pendidik 4) akuntan manajemen F.Metode dan model pembelajaran metode :ceramah dan diskusi Apersepsi, guru menyampaikan pengenalan materi ajar yaitu persamaan akuntansi, Motivasi, guru menyampaikan ke siswa akan manfaat mempelajari akuntansi. Model : Jigsaw Guru mengelompokkan siswa menjadi 6 kelompok Tiap – tiap kelompok di beri materi yang akan di pelajari Siswa kemudian mendikusikan materi yang telah di berikan Guru menunjuk siswa untuk maju dan mempersentasiakn apa yang telah di pelajari G.Langkah-langkah pembelajaran NO LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN WAKTU 1 Kegiatan awal motivasi -Guru memulai kbm dengan 3s senyum,salam,sapa dengan ramah dan berdoa nilai :karakter,religious dan santun. -guru mengecek kehadiran siswa 5 menit 2 Kegiatan inti presentasi -eksplorasi : a.tanya jawab materi lalu -elaborasi : a.guru menyampaikan KD b.guru membagi tugas -korelasi : a.siswa berdiskusi kegiatan 110 menit 3 Kegiatan akhir penugasan -melaksanakan pretes/memberi refleksi -hasil proses pembelajaran 20 menit Contoh instrument Soal objektif : 1.akuntan adalah suatu seni pencatatan,pengelompokan dan pengikhtisaran data yang bersifat keuangan ini merupakan pendapat,… a.IAI c.american accounting system e.lucas paciolo b.AICPA d.david ricardo 2.classifying memiliki artian,… a.pencatatan c.pengikhtisaran e.kekayaan b.penggolongan d.pembiayaan 3.informasi yang dapat diperoleh dari akuntansi antara lain,… a.pembiayaan c.jumlah kewajiban e. jawaban a,b,c,d benar b.pola investasi d.jumlah kekayaan bersih 4.yang termasuk pemakai informasi akuntansi dari pihak intern adalah,… a.calon pemilik c.investor e.manajer b.karyawan d.masyarakat 5.siapa yang membutuhkan informasi akuntansi untuk mengetahui kelangsungan hidup perusahaan dlm rangka penetapan pajak dan sebagai dasar untuk menyusun statistic pendapatan nasional,… a.kreditor c.badan pemerintah e.pelanggan b.masyarakat d.karyawan 6.informasi untuk mengetahui kelangsungan hidup perusahaan karena keterlibatannya dalam jangka panjang, yang membutuhkannya adalah,… a.pelanggan c.manajer e.pemerintah b.masyarakat d.kreditor 7.apakah kegunaan informasi akuntansi,… a.penyusun perencanaan perusahaan c.mengetahui posisi keuangan b.pengambilan keputusan d.pengendalian intern perusahaan e.semua jawaban benar 8.yang bukan termasuk bidang akuntansi adalah,… a.akuntansi umum c.akuntansi pemerintah e.akuntansi anggaran b.akuntansi pendidik d.akuntansi karyawan 9.education accounting mempunyai arti,.. a.akuntansi pemerintah c.akuntansi umum e.akuntansi menejemen b.akuntansi pendidik d.akuntansi perpajakan 10.profesi akuntan dikelompokkan menjadi 4 kecuali,… a.akuntan public c,akuntan pelanggan e.akuntan pendidik b.akuntan manajemen d.akuntanpemerintah Soal subjektif : 1.pihak – pihak yang berkepentingan dengan informasi akuntansi ada 2 sebutkan dan jelaskan ? 2. sebutkan 8 bidang akuntansi ? 3. sebutkan 4 macam profesi akuntan ? 4. apa kewajiban seorang akuntan ? 5. apa tujuan adanya kode etik profesi ? Kunci jawaban Soal objektif 1.b 6.a 2.b 7.e 3.e 8.d 4.e 9.b 5.e 10.c Soal subjektif 1. 1. pihak interen Yaitu manajer atau pimpinan perusahaan 2. pihak eksteren terdiri dari : a. pemilik dan calon pemilik b. investor c. karyawan d. pemberi pinjaman atau kreditor e. instansi pajak atau pemerintah f. pemasok atau pengirim barang g. masyarakat 2. Delapan bidang akuntansi adalah : 1,akuntansi keuangan 2.akuntansi biaya 3.akuntansi pemerintah 4.akuntansi perpajakan 5.auditing 6.akuntansi anggaran 7.akuntansi pendidikan 8.akuntansi menejemen 3. empat macam profesi akuntan : 1.akuntan umum 2.akuntan pemerintah 3.akuntan pendidik 4.akuntan manajemen 4. kewajiban seorang akuntan adalah memberikan pelayanan dengan penuh tanggung jawab dan kejujuran yaitu kepada masyarakat luas 5.tujuan adanya kode etik akuntansi yaitu untuk memberikan jaminan mutu dan kejujuran atas data yang diberikan para profesi akuntan public. Pedoman penskoran Soal objektif Skor = jawaban benar di x 1o Soal subjektif NO SKOR DESKRIPSI 1-5 20 Jawaban benar dan sempurna Nilai akhir = skor soal sub + ob Nilai individu NO NAMA SISWA NILAI PADA PROSES PEMBELAJARAN KEAKTIFAN PARTISIPASI KEHADIRAN Keterangan nilai angka = 0-10 Nilai diskusi kelompok H.alat dan sumber pembelajaran : -Alat : buku sumber yang relevan -Sumber belajar : LKS akuntansi kelas XI I. 1.jenis kegiatan :kelompok/individu 2.teknik :tertulis 3.bentuk instrumen :-lembar kerja -tes tertulis Bojonegoro,9 Januari 2012 Guru pamong Mahasiswa DWI NURAINI S. S, Pd DONI EKO HERMAWAN Mengetahui, Kepala MA AL - ROSYID Dosen pembimbing Drs. H. ALI AHMADI Dra. Hj. FATHIA ROSYIDA, M.Pd NIP. 195403191982031003 NIP. 195707041986012001
0 komentar:
Posting Komentar