mengulas ilmu pendidikan
>>>>>Konsep Dasar Manajemen 1. Manajemen adalah proses merencanakan, menkoordinasikan serta mengawasi kegiatan mencapai secara efisien dan efektif tujuan organisasi. 2. Proses manajemen dilakukan oleh manajemen bawah, menegah dan puncak. 3. Manajemen dalam pengertian orang menjalankan peranan melakukan hubungan pribadi, pemberi informasi dan pengambil keputusan. 4. Manajemen harus berketerampilan konseptual, manusiawi, dan teknis. Konsep Manajemen Masa Depan 1. Manajemen masa depan bertujuan meningkatkan ROI, produktivitas dan kualitas hidup manusia. 2. Manajemen masa depan mendasarkan tindakannya pada aspek kuantitatif dan perilaku manusia. 3. Manajemen masa depan akan menghadapi isu inflasi, sumber daya yang makin langka, nilai sosial budaya masyarakat, teknologi, hubungan karyawan dan manajemen, etika dan tanggung jawab sosial, konflik-konflik dan globalisasi. 4. Manajemen masa depan akan menghadapi masalah yang datang dari sektor industri dengan jasa dan untuk itu perlu informasi yang dicari dengan sistem informasi manajemen yang baik. Manajemen Sebagai Ilmu, Seni dan Profesi Ilmu manajemen merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang disistemisasi, dikumpulkan dan diterima kebenarannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya metode ilmiah yang dapat digunakan dalam setiap penyelesaian masalah dalam manajemen. Metode ilmiah pada hakikatnya meliputi urutan kegiatan sebagai berikut ; Lingkungan Eksternal Segala sesuatu yang berada diluar batasan organisasi yang mungkin mempengaruhinya. Lingkungan Internal Kondisi dan kekuatan yang berada di dalam suatu organisasi. IMPLIKASI MANAJEMEN Manajer sudah seharusnya sadar akan lingkungan tempat mereka dan organisasinya berkiprah. Bahkan mempertahankan keselarasan (alignment) yang efektif antara organisasi dan lingkungan adalah kunci dari pekerjaan manajer. Dan manajer sendiri juga harus memahami lingkungan dimana mereka, sebagai individu dan sebagai anggota dari kelompok, melaksanakan tanggung jawab mereka Pelanggan Siapa pun yang membayar uang untuk memperoleh suatu produk atau jasa dari organisasi “Perubahan dalam preferensi pelanggan atau klien akan memberikan tekanan langsung terhadap perusahaan dalam memuaskan preferensi tsb”. 2. Pemasok Suatu organisasi yang menyediakan sumber daya untuk organisasi lain “Perusahaan harus menyesuaikan diri terhadap persyaratan dan pembatasan – pembatasan dari perusahaan sebagai pemasok”. 3. Pesaing (Kompetitor) Sebuah organisasi yang bersaing dengan organisasi lain untuk memperebutkan sumberdaya. “Baik organisasi yang berorientasi pada laba maupun nirlaba, tidak bisa tidak tentu akan bereaksi terhadap persaingan”. 5. Pasar Tenaga Kerja Penawaran tenaga kerja yang tersedia untuk menyusun angkatan kerja suatu perusahaan tentu akan mempengaruhi operasi perusahaan tersebut, misalnya dalam rangka mencari jumlah pekerja yang terlatih 1. Licencing (lisensi) Penjualan hak ke pasar produk bermerk atau menggunakan proses yang dipatenkan yang dilindungi oleh undang-undang hak cipta. 2. Exporting (mengekspor) Menjual barang yang diproduksi secara domestik dipasar luar negeri. 1. Licencing (lisensi) Penjualan hak ke pasar produk bermerk atau menggunakan proses yang dipatenkan yang dilindungi oleh undang-undang hak cipta. 2. Exporting (mengekspor) Menjual barang yang diproduksi secara domestik dipasar luar negeri. 3. Franchise : Suatu tipe pengaturan lisensi, dimana perusahaan menjual paket yang terdiri dari merk dagang, mesin material dan pedoman manajerial Dalam praktek, manajemen dibutuhkan dimana saja orang-orang bekerja bersama (organisasi) untuk mencapai suatu tujuan tertentu Fungsi-fungsi manajemen adalah universal, yaitu sama dimana saja, organisasi apa saja, pada waktu kapan saja Dua konsepsi utama untuk mengukur prestasi kerja manajemen adalah efisiensi dan efektifitas. Peter Drucker : Efektivitas adalah melakukan pekerjaan yang benar Efisiensi adalah melakukan pekerjaan degan benar Mary Parker Follett; Manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. James A.F. Stoner; Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Sebagai; bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi ; - perencanaan (planning) - pengorganisasian (organizing) - penyusunan personalia (staffing) - pengarahan & kepemimpinan (leading) - pengawasan (controlling) Proces (proses) : Metode sistematik dalam menangani aktivitas. Planning (merencanakan) Proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran. (merupakan pedoman organisasi) : 1. Menggunakan sumber daya 2. Melaksanakan aktivitas yang konsisten dg tujuan dan prosedur yg sudah ditetapkan 3. Memonitor dan mengukur kemajuan untuk mencapai tujuan. Organizing (mengorganisasikan) Proses mempekerjakan dua orang atau lebih untuk bekerja sama dalam cara tersruktur guna mencapai sasaran spesifik atau beberapa sasaran. Leading (memimpin) Proses mengarahkan, mempengaruhi dan memotivasi karyawan untuk melaksanakan aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan dari anggota kelompok atau seluruh organisasi Controlling (Mengendalikan) Proses untuk memastikan bahwa aktivitas sebenarnya sesuai dengan aktivitas yang direncanakan Mengapa Harus Belajar Manajemen ? 1. Semua Kebutuhan kita hasil dari Manajemen 2. Manajemen mampu mengendalikan semua yang ada di sekitar kita 3. Tidak ada sesuatu yang tidak membutuhkan manajemen 4. Orang yang tidak tahu manajemen(betapapun ahli dalam bidang tertentu) akan dikendalikan oleh seseorang yang menguasai manajemen 5. Tanpa Manajemen dunia ini akan semakin kacau
0 komentar:
Posting Komentar