mengulas ilmu pendidikan
A.DITERMINAN / AZAS FILOSOFIS Filsafat dapat dirumuskan sbg studi tentang : -Metaphisika : apk hakekat kenyataan atau realita -Epistemologi : apk hakeket pengetahuan -Aksiologi : Apk hakekat nilai -Etika : apk hakekat kebaikan -Estetika : apk hakekat keindahan -Logika : apk hakekat penalaran *Falsafah Bangsa : Tiap Negara mempunyai suatu falsafah atau pandangan mengenai pendidikan. Kurikulum hrs.memperhatikannya dlm pengembangannya agar dpt. Memelihara kebutuhan nasional. *Falsafah Lembaga Pendidikan : - Alasan rasional tentang existensi lembaga pendidikan itu. - Prinsip-prinsip pokok yg mendasarinya. - Nilai2 dan prinsip2 yg dijunjung tinggi. - Prinsip2 pendidikan mengenai hakekat anak/siswa. *Falsafah Guru/Pengajar : Tiap guru hrs.mempunyai gambaran yg jelas mengenai fals.pend.tempat ia bekerja. B.DITERMINAN / AZAS SOSIOLOGIS Lembg.pend.mempunyai fungsi bagi kepentingan masyarakat : -Mengadakan perbaikan bahkan perombakan sosial. -Mendukung dan ikut memberi sumbangan kpd pembangunan nasional. -Menyampaikan kebudayaan dan nilai2 tradisional serta mempertahankan Status quo. -Mendorong dan mempercepat laju kemajuan I P dan teknologi. -Mendidik generasi muda menjadi warga Negara nasional dan dunia. -Memberikan ketrampilan kepada anak. C.DITERMINAN / AZAS PSIKOLOGIS Mempunyai 2 dimensi : 1. Teori belajar [ bagaimana sebenarnya siswa belajar ] 2. Hakekat pelajar secara individual : -Motivasi -Kesiapan -Kematangan intelektual -Kematangan emosional -Latar belakang pengalaman D.DITERMINAN / AZAS HAKEKAT PENGETAHUAN Masalah pokok yg hrs. dipertimbangkan : 1.Pengetahuan apk yg paling berharga utk diajarkan bagi siswa dlm suatu bd.studi. 2.Bagaimanakah mengorganisasi bahan itu agar siswa dpt menguasainya dengan se-baik2nya.
0 komentar:
Posting Komentar