mengulas ilmu pendidikan
KONSEP-KONSEP DASAR KURIKULUM DAN PENGAJARAN 1. Pengertian Kurikulum Kurikulum adalah suatu rencana yg disusun untuk melancarkan PBM dibawah bimbingan dan tanggungjawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajarnya. Kurikulum Formal : Tuj.pelajaran umum,spesifik Bahan pelajaran yang tersusun sistematis SBM serta kegiatan-kegiatannya Sistem evaluasi untuk mengetahui hingga mana tujuan Tercapai Kurikulum tak Formal : Pramuka Pertandingan antar kelas Pertunjukan sandiwara Bahasa Inggris di SD dsb. Kurikilum ditentukan 4 faktor : 1. Falsafah Bangsa (aspek filosofis) 2. Harapan dan kebutuhan masyarakat (aspek sosiologis) 3. Hakekat anak:tarap perk.pisik,mental (aspek psikologis) 4. Hakekat pengeth.atau disiplin ilmu (bahan pelajaran) 2. Proses Pengembangan Kurikulum : A. Pedoman Kurikilum : 1. Latar Belakang : Falsafah dan tujuan lembaga pendidikan Populasi yg menjadi sasaran Bidang Studi Struktur organisasi bahan pelajaran 2. Silabus Berisi mata pelajaran secara lebih terinci yang diberikan yakni scope dan sequence (urutan penyajian) 3. Disain evaluasi termasuk strategi revisi atau perbaikan kurikulum : Bahan Pelajaran (scope dan sequence) Organisasi bahan dan strategi instruksional • Langkah-langkah dlm Pengembangan Pedoman Kurikulum a) Kumpulkan keterangan mengenai faktor-faktor yang turut menentukan kurikulum Serta latar belakangnya. b) Tentukan mata pelajaran yg akan diajarkan. c) Rumuskan tujuan tiap mata pelajaran. d) Tentukan hasil belajar yang diharapkan dari siswa dlm tiap mata pelajaran. e) Tentukan topic-topik tiap mata pelajaran. f) Tentukan syarat-syarat yang dituntut dari siswa. g) Tentukan bahan yang harus dibaca siswa. h) Tentukan strategi mengajar dan sediakan sumber atau alat peraga. i) Tentukan alat evaluasi hasil belj.siswa serta skala penilaian. j) Buat disain rencana penilaian kurikulum secara keseluruhan dan Strategi perbaikannya. B. Pedoman Instruksional : Pedoman yg harus dipakai oleh guru dlm mengajar. *Langkah-langkah mendisain Pedoman Instruksional : 1. Tentukan satu atau dua tuj.utk tiap topic yg telah disebut dlm Silabus mt.pelj. [ T I U ] 2. Tentukan T I K shg dpt diukur hasilnya 3. Tentukan dua atau tiga macam kegt.belj.bagi tiap tuj.khusus 4. Sediakan sumber dan alat belj.mengaj.yg sesuai 5. Buat disain penilaian hasil dan kemajuan belajar,cara menilai,alat Menilai utk tiap tujuan khusus. III.Mutu Pendidikan : Menyusun pedoman kurikulum dan pedoman instruksional bertujuan meningkantkan mutu pendidikan sekolah. Dan dg meningkatkan efektifitas mengajar dg.melakukan : 1.Menentukan kerangka umum kurikulum yg dpt disetujui bersama 2.Menetapkan standart minimal utk tiap mt.pelj. atas perstj.bersama 3.Menyediakan sumber belajar dan memafaatkan sepenuhnya 4.Membantu tenaga pengajar muda 5.Menjamin diadakannya revisi kurikulum secara teratur.
0 komentar:
Posting Komentar