mengulas ilmu pendidikan
A.Dasar-Dasar evaluasi kurikulum 1.Determinan/Azas2 Kurikulum -Orientasi filosofis lembaga pendidikan itu -Konteks Sosial-Ekonomi -Hakekat Pelajar -Hakekat Bahan Pelajaran 2.Harapan2 “Golongan klien atau Konsumen”. 3.Bukti tingkat produktifitas dg mempertimbangkan hasil belajar,beaya dan waktu . B.Disain Evaluasi Ada 5 langkah : I.Tujuan Evaluasi Evaluasi secara komprehensif dpt ditinjau dari 3 demensi : # Dimensi 1 Formatif-Sumatif Formatif : Ev.dilakukan sepanjang pelaksanaan kurikulum Sumatif : Proses ev.dilakukan pd akhir jangka wkt tertentu # Dimensi 2 Proses-Produk Proses : yang diev.ialah metode dan proses dlm pelaks.kurikulum Tujuannya utk mengetahui metode dan proses dlm implementasi kurikulum. Produk : yg diev.ialah hasil2 yg nyata mis.Silabus,RPP. # Dimensi 3 Operasi-Hasil belajar siswa Operasi : yg diev.keseluruhan proses pengemb.kurikulum Hasil Belajar Siswa : yg diev hasil belj.siswa berkaitan dg tuj. Kurikulum yg hrs dicapai. 2.Proses dan Metodologi Penilaian Ada 5 Model : a.Model Diskrepansi Provus Membandingkan hasil atau performance yg nyata dg standart yg telah ditentukan b.Model Kontingensi2 Stake Hasil yg diharapkan oleh Pengajar sering berbeda dg hasil yg nyata menurut penilaian obyektif external. Model Stake meneliti 3 Variabel : -Antiseden -Transaksi -Hasi belajar # Antiseden : -Apa yg diharapkan diketahui siswa sebelumnya -Apa yg sesungguhnya diketahui siswa menurut observasi penilai -Standart sbg alat menilai -Penilai [judgment] team ahli # Transaksi dpt dipandang sbg PBM Yg juga ditinjau seperti di atas [antiseden] c.Model CIPP Stufflebeam Context –Input –Process -Product Model ini mengandung 4 komponen : 1. Konteks : meliputi ---penelitian lingk sekolah------pengaruh luar sekolah 2. Input : Strategi implementasi kurikulum ditinjau dari Efektifitas dan ekonomi 3 dan 4 evaluasi proses dan product : kongruensi antara rencana kegiatan dan kegiatan yg nyata. Model ini mengutamakan evaluasi formatif d.Model Transformasi Kualitatif Eisner Pend.adl kegt.yg bercorak artistik selain latihan ev.nya dilakukan dlm kritik seni. Proses kritik kurikulum meliputi 3 aspek : a.Deskriptif b.Interpretatif dan c.Evaluatif e.Model lingkaran-Tertutup Corrigan Ciri model ini : 1.adanya sist.balikan formatif-korektif 2.proses evaluasi sumatif-terminal 3.tiap langkah ev.diadakan perbaikan 4.mengadakan tinjauan yg kontini 5.tidak menunggu sampai akhir program
0 komentar:
Posting Komentar