mengulas ilmu pendidikan
A.PENDEKATAN BIDANG STUDI Bd.studi sbg. Dasar organisasi kurikulum Mis. Matematika,ekonomi,sejarah,biologi,Pkn dsb. Dibedakan : -Macro-organizer : Ekonomi,Matematika -Organizer : Ek.makro,ek.mikro,ek.kop.manajemen koperasi -Micro-organizer: T.ek.mikro I,II , T.ek.makro I, II dsb B.PENDEKATAN INTERDISIPLINER Pendekatan berbagai ilmu : 1.Pendekatan Broad-Field Mengintegrasikan beberapa disiplin ilmu atau mata pelajaran. Mis. IPS scr. Interdisipliner menggabungkan:geografi,sejarah,ekonomi,dsb. IPA : Fisika,kimia,biologi dsb. 2.Pendekatan Kurikulum Inti [ Core Curriculum ] Mata pelajaran pokok merupakan keharusan dalam lembaga prndidikan itu. 3.Pendekatan Kurikulum Fusi Menyatukan dua atau lebih disiplin ilmu menjadi bidang studi baru. Mis. Biologi + Fisika menjadi Biofisika. Biologi + Kimia menjadi Biokimia. C.PENDEKATAN REKONSTRUKSIONISME Pokus pada masalah yg dihadapi masyarakat: Mis.Ledakan penduduk,Rasialisme,HAM,Kemiskinan dsb. 1.Rekonstruksi Koservatif Aliran ini menginginkan agar pendidikan ditujukan kpd peningkatan mutu kehidupan individu maupun masyarakat. 2.Rekonstruksi Radikal Golongan ini menganjurkan agar pendidik formal dan non formal mengabdikan diri demi tercapainya orde sosial baru berdasarkan pembagian kekuasaan yg lebih adil dan merata. D.PENDEKATAN HUMANISTIK Kurikulum mengutamakan perkembangan efektif siswa sbg prasarat dan sbg Bagian integral dari proses belajar. *Pendekatan humanistik dalam kurikulum didasarkan atas asumsi2 sbb: 1. Siswa akan lebih giat belajar dan bekerja bila harga diri nya di kembangkan sepenuhnya. 2.Siswa ikut bertanggung jawab. 3.Hasil belajar akan meningkat. 4.Guru sebagai fasilitator. 5.Kepedulian siswa dalam pelajaran. 6.Evaluasi dalam proses belajar memupuk rasa harga diri. E.PENDEKATAN PEMBANGUNAN NASIONAL Mengandung 3 unsur : 1.Pendidikan Kewarganegaraan [ PKN ] PKN berorientasi pd system politik negara yg menentukan peranan hak dan kewajiban tiap warga negara *Dalam masyarakat demokratis W N dpt dimasukan dlm 3 kategori : a.Warga negara yg apatis. b.Warga negara yg pasip. c.Warga negara yg aktif. *Peranan pendidikan adalah mempersiapkan siswa agar memiliki pengetahuan Ketrampilan dan sikap utk disumbangkan kpd kesejahteraan umum Sbg warga negara yg aktip. *R.FREEMAN [ The revival of civic learning ] 10 Konsep azas kurikulum PKN : a.Keadilan b.Kemerdekaan c.Kesamaan d.Keragaman e.Otoritas /Kekuasaan f.Ke-prive-an [ hak utk tidak diganggu ] g.Proses hukum h.Partisipasi i.Kewajiban pribadi j.HAM 2.Pendidikan Pembangunan Nasional Tujuan Pendidikan adl mempersiapkan tenaga yg diperlukan utk memenuhi kebutuhan pembangunan mis.jumlah guru,dokter,pertanian dsb. 3.Pendidikan Ketrampilan utk kehidupan praktis : a.Ketrampilan mencari nafkah. b.Ketrampilan utk mengembangkan masyarakat. c.Ketrampilan menyumbangkan kpd kesejahteraan umum. d.Ketrampilan sbg warga negara yg baik. # R A N A H B E L A J A R Ranah = wilayah/daerah ,bidang, bag.perilaku manusia Taksonomi Bloom : Tuj.Pend/Pengajr.: ranah [domain] Kognitif,Efektif Dan Psikomotor. A.Ranah Kognitif Ada 6 tingkatan : 1.Pengetahuan 2.Pemahaman 3.Aplikasi 4.Analisis 5.Sintesis 6.Evaluasi B.Ranah Efektif 1.Menerima : a.Kesadaran b.Kerelaan utk menerimanya c.Mengarahkan perhatian 2.Merespon : a.Merespon secara diam2 b.Bersedia merespon:melakukan sesuatu atas kerelaan sendiri c.Merasa kepuasan dlm merespon 3.Menghargai : memberi penilaian a.Menerima suatu nilai b.Mengutamakan suatu nilai c.Komitmen thd suatu nilai 4.Organisasi : Mengembangkan nilai2 sbg suatu system a.Menkonseptualisasi nilai mis.memahami ciri2 musik klasik yg disukainya berhub dg rok yg tdk disukainya b.Mengorganisasi suatu system nilai 5.Karekteristik suatu nilai C.RANAH PSIKOMOTOR 1.Gerak Refleks 2.Gerak dasar yg fundamental 3.Ketrampilan perceptual 4.Ketrampilan fisik a.Ketahanan b.Kekuatan c.Keluwesan d.Kelincahan 5.Gerakan Trampil 6.Komunikasi non-diskursif: Hub.tanpa bhs melainkan melalui gerakan.
0 komentar:
Posting Komentar